TRAINING

Human Capital Development

6.1.Training Need Analysis

Training Need Analysis

Memahami kebutuhan dan harapan peserta merupakan hal yang sangat krusial dalam kesuksesan program pelatihan. Di pelatihan ini peserta dilibatkan untuk memahami langkah-langkah sistematis berdasarkan best practices di berbagai organisasi dalam menganalisa kebutuhan pelatihan menggunakan berbagai metode identifikasi (wawancara orang kunci, kuesioner online/jajak pendapat, observasi, behavior checklist, analisa data historis dan indikator penilaian kinerja).

Peserta akan dibimbing berlatih melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan Sesuai Konteks Industri Organisasi Anda secara berkelompok dan mendapatkan umpan balik dari fasilitator. Pelatihan ini memfasilitasi peserta untuk mampu menurunkan analisa kebutuhan ke dalam Silabus Program Pelatihan yang Tepat Sasaran Hingga Level Perubahan Perilaku.

6.2.Job Analysis and Evaluation

Job Analysis and Evaluation

Job Analysis atau Analisa Jabatan yang dirancang dengan tepat merupakan titik awal untuk organisasi dapat mengelola dan mengembangkan SDM nya secara tepat sasaran. Job Analysis yang sesuai akan memotret dengan tepat kualifikasi / spesifikasi setiap jabatan, program pelatihan dan pengembangan dibutuhkan, penilaian kinerja, hingga sistem remunerasi.

Melalui program ini peserta akan dibekali konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, fungsi Analisa Jabatan untuk Pemberian Bobot dan Pengembangan Sistem Grading dan Kompensasi, perbandingan berbagai Metode Pembobotan Jabatan (Job Evaluation) yang sering digunakan saat ini di di Indonesia, serta overview metode job evaluation yang  dapat diaplikasikan peserta sesuai industri organisasinya.

6.3.Competency Based Interview

Competency Based Interview (CBI)

Pengembangan SDM tidak bisa terlepas dari menyeleksi, penempatan,  hingga pengembang dan promosi jabatan. Untuk menjamin objektivitas proses-proses tersebut, para pengelola SDM dan user / pemangku kepentingan perlu memiliki kemampuan wawancara berbasis kompetensi yang mumpuni yang dapat diterapkan untuk kepentingan Rekrutmen, Asesmen dan Promosi Jabatan.

Melalui program ini peserta akan dibekali sekaligus berlatih melakukan Persiapan, Pelaksanaan hingga Menyusun Saran Rekomendasi Hasil Wawancara Kompetensi. Bagaimana membuat pertanyaan dalam CBI, membangun rapport dengan kandidat, menggali peristiwa kritis, menangani pertanyaan area sensitif dan menganalisa jawaban kandidat untuk dikonversi sesuai level kompetensi jabatan yang dipersyaratkan.

Building Organizational Culture

Budaya organisasi  merupakan faktor penting dalam mendapatkan dan mempertahankan talenta terbaik. Budaya yang telah terimplementasi menyeluruh di organisasi merupakan identitas,  kepribadian, sekaligus aset bernilai yang membedakan organisasi dengan kompetitor ataupun organisasinya.

Untuk membangunnya diperlukan strategi efektif yang dimulai membangun kesiapan mental setiap SDM dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Organisasi, Dukungan Para Pemimpin di tiap tingkatan sebagai Role Model dan Champions, melibatkan semua karyawan dalam program yang kreatif dan inspiratif dalam sosialisasi nilai, hingga Penetapan Sistem Penilaian Kinerja yang Selaras dengan nilai-nilai organisasi.

× Klik Disini untuk WA team Next Leader