Saat ini hampir semua orang di seluruh dunia mengalami perubahan yang kurang lebih sama, yaitu perubahan cara bekerja dan belajar. Bekerja dari rumah ataupun sistem kerja yang dijadwal bergantian menjadi aktivitas yang mau tidak mau, suka atau tidak suka harus diikuti. Cara belajar pun menjadi tidak lagi bertatap muka. Aplikasi belajar online pun menjadi bak jamur di musim hujan yang makin banyak dan tentunya menawarkan kemudahan tersendiri.

Perubahan-perubahan ini memaksa kita mengalami pola hidup yang juga berubah. Ironisnya entah disadari atau tidak, ada aktivitas-aktivitas selama WFH ini yang kalau kita lakukan itu akan merusak motivasi kerja. Akan membuat perasaan tidak nyaman yang lama-kelamaan kalau kita biarkan akan menurunkan motivasi untuk bekerja sehingga produktivitas kita pun menurun.

Mari cek tiga hal berikut ini untuk menjaga stamina motivasi kerja Anda tetap prima:

1. Tidur Terlalu Lama

Bagi kebanyakan orang work from home merupakan kesempatan untuk dapat istirahat lebih lama. TIdur lebih lama ataupun santai-santai lebih lama. Memang hal ini tidak salah, apalagi bagi Anda yang selama ini selalu kurang tidur karena aktivitas pekerjaan di kantor yang begitu padat. Atau mungkin karena jarak rumah dan kantor yang jauh memaksa Anda harus bangun pagi-pagi dan tidur larut malam. Namun ternyata tidur terlalu lama jika terus dilakukan misalnya selama berhari-hari hanya akan membuat mood atau perasaan Anda kacau. Perasaan yang kacau tentu saja hanya akan memicu tubuh menjadi tidak nyaman, pikiran tidak tenang sehingga motivasi untuk bekerja pun menjadi berantakan.

Bagi Anda yang selama ini kurang tidur, lebih baik ambillah waktu tidur lebih lama hanya 1-2 hari. Lebih dari dua hari tidur terlalu lama hanya akan membuat Anda tidak segar ketika bangun sehingga pikiran dan perasaan Anda pun ikut terganggu.

Atau pola tidur yang berantakan juga merupakan pemicu turunnya motivasi. Motivasi Anda bisa terjun bebas jika setiap harinya Anda tidur di jam yang tidak teratur. Misalnya biasa tidur jam 10 atau 11 malam, karena WFH ini Anda tidur dini hari dan bangun di siang hari. Kebiasaan ini hanya akan merusak motivasi kerja Anda dan perlahan namun pasti produktivitas Anda pun terganggu.

2. Nature Distancing

Mungkin Anda akan bertanya apa itu nature distancing? Kalau social distancing atau physical distancing rasanya sudah tidak asing bagi Anda selama WFH ini. Nah nature distancing ini sadar atau tidak sering kita lakukan selama WFH ini atau mungkin bagi sebagaian kita terpaksa melakukan.

Nature distancing merupakan aktivitas yang menjauhkan diri dari alam. Seharian di kamar atau di rumah karena work form home, memaksa banyak dari kita menjadi nature distancing. Padahal manusia diciptakan oleh Sang Pencipta adalah untuk bisa secara seimbang berinteraksi dengan alam. Seharian hanya di kamar karena harus bekerja online secara jarak jauh dan kemudian hanya di rumah tanpa ada kontak dengan alam akan memicu motivasi diri terganggu. Mengapa demikian? Karena ternyata unsur-unsur yang ada di alam telah dirancang oleh Sang Pencipta kita untuk membuat otak kita merasa lebih rileks dan tenang.

Lalu bagaimana solusinya sementara saat ini sedang diberlakukan social distancing? Saya tidak sedang menganjurkan Anda untuk bepergian dan melawan kebijakan social distancing. Tapi selama WFH ini Anda bisa menyiasatinya dengan tetap menjaga diri untuk bisa kontak dengan alam. Misalnya bangunlah pagi-pagi ketika masih sepi dan berjalanlah di sekitar rumah Anda hanya untuk menghirup udara segar dan merasakan matahari pagi. Atau menjelang sore keluarlah sebentar ke pekarangan atau depan rumah hanya untuk melihat langit, pepohonan di sekitar rumah Anda, suara burung di sore hari dan sebagainya. Carilah waktu dimana masih sepi sehingga aktivitas ini tidak merusak social distancing Anda dan rasakan tubuh dan pikiran akan jauh lebih nyaman.

3. Rutinitas Pagi Hari yang Sama

Apa aktivvitas yang Anda lakukan di pagi hari selama WFH ? Ternyata aktivitas di pagi hari yang dilakukan selalu sama hanya akan membunuh otak kreatif Anda yang diatur dalam Lymbic System. Misalnya karena orang yang berjualan makanan di pagi hari hampir tidak ada selama social distancing ini, Anda selalu sarapan roti. Aktivitas yang boleh dibilang sangat sederhana ini tapi kalau Anda lakukan terus-menerus hanya akan memicu kebosanan yang akhirnya membuat motivasi untuk bekerja di pagi hari menjadi kacau.

Atau karena bangun lebih siang selama WFH ini, dengan hanya mencuci muka kemudian Anda langsung berada di depan laptop selama berjam-jam. Aktivitas yang sepele namun terus berulang ini ternyata bisa merusak mood Anda dalam bekerja, Jika baru beberapa hari Anda lakukan, mungkin Anda masih belum merasakannya tetapi ketika setiap pagi Anda selalu mempunyai pola yang sama untuk dilakukan maka mulailah motivasi kerja Anda akan menurun.

So bagaimana mengatasinya? Mudah saja, mulailah juga dari hal sederhana yaitu lakukanlah hal yang tidak monoton di pagi hari. Misalnya jika hari Senin Anda sarapan nasi goreng sebelum mulai bekerja. Hari Selasa Anda berolahraga sebentar untuk membuat tubuh lebih bugar. Hari Rabu Anda luangkan waktu di pagi hari membuat kopi sambil mendengarkan musik kegemaran Anda sebelum berkativitas. Berkreasilah setiap hari membuat aktivitas pagi yang bervariasi, tidak monoton atau selalu sama dan rasakan diri Anda lebih bersemangat untuk memulai hari. Selamat mencoba, salam sehat dan tetap produktif !