I hate Monday‘ merupakan kata-kata yang sering kita dengar bahkan mungkin kita lontarkan di hari Senin pagi. Dan tidak asing di telinga kita dengan ungkapan TGIF (Thanks God It’s Friday) di setiap hari Jum’at dan menjelang akhir pekan tiba. Hmm..apakah Anda akan selamanya membenci hari Senin dan baru bergembira di penghujung minggu itu ? Rasanya sih rugi banget ya, Anda tidak bisa menikmati hari-hari kerja Anda, sehingga suasana hati tidak bergembira dan jauh dari kata bersemangat.

Ternyata para profesional yang berkinerja terbaik di pekerjaan mereka merupakan individu-individu yang selalu bersemangat dan memiliki sikap kerja yang positif setiap saat, alias tidak terpengaruh hari apa yang mereka hadapi. Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda ikut praktekkan untuk membuatmu keluar dari kebiasaan ‘I hate Monday‘ :

1. Sambut hari Senin dengan tubuh yang prima

Tubuh dan pikiranmu perlu persiapan agar dapat menyambut hari Senin menjadi menyenangkan. Bagaimana reaksi pikiran Anda menjadi bersemangat atau tidak, ternyata sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh atau fisik Anda! Karenanya pastikan Anda beristirahat dengan memiliki waktu tidur yang cukup untuk menyambut hari Senin. Jangan tidur terlalu malam pada hari Minggu agar bangun tak kesiangan. Atur alarm agar tidak terlambat bangun dan mengacaukan jadwal yang telah diatur sedemikian rupa.

Bangun lebih awal di hari Senin juga bisa jadi pilihan untuk dapat berolahraga pagi sebentar agar tubuhmu lebih fit atau menikmati sarapan istimewa dengan tidak terburu-buru. Pastikan Anda jadi punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri menyambut Senin pagi, dengan kondisi tubuh yang benar-benar prima.

2. Atur jadwal Anda dengan seksama

Hari Senin yang identik dengan agenda kerja yang padat seringkali membuat Anda tertekan dan bahkan memicu stress dalam menjalaninya. Untuk itu, Anda harus memiliki sebuah agenda kerja yang telah direncanakan dengan seksama dan tentunya juga menyenangkan, di mana Anda bisa bersemangat dan mengerjakannya dengan baik sepanjang hari dan bahkan sepanjang minggu tersebut.

Buatlah agenda kerja yang masuk akal dan sesuai dengan porsi serta kemampuan harian Anda, sehingga tidak terlihat berat dan juga membuat Anda terbebani oleh pekerjaan. Masukkan juga hal-hal yang menyenangkan dan membuat semangat Anda menyala, seperti bertemu dengan orang-orang yang menurut Anda menyenangkan, teman akrab Anda hingga orang yang dapat memberimu energi positif dalam agenda Anda. Selanjutnya lakukanlah setiap aktivitas dalam agenda bukan sebagai beban, tetapi sebuah kesempatan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan Anda.

3. Beri hadiah pada diri Anda sendiri

Hampir semua orang suka jika diberi hadiah. Bagaimana jika Anda mengatur hadiah bagi diri Anda sendiri di setiap hari Senin? Tentunya tidak harus hadiah yang mahal dan fantastis. Hal yang kecil namun tepat sesuai dengan selera Anda dapat membuat mood Anda di hari Senin menjadi bangkit kembali. Misalnya menggunakan aksesoris baru di hari Senin, menggunakan pakaian dengan warna kesukaan Anda, sarapan yang istimewa, membeli kopi kegemaran Anda hingga membaca artikel yang menjadi hobby Anda di Senin pagi.

4. Manjakan panca indera Anda

Secara fisiologis, perasaan atau mood kita memiliki kepekaan yang luar biasa terhadap stimulus yang mengenai kelima panca indera kita. Nah karenanya Anda perlu menyediakan stimulus yang menyenangkan agar mood hari Senin terjaga dengan baik.

Mulai dari indera penglihatan, manjakanlah diri dengan melihat hal-hal yang Anda sukai. Misalnya luangkan waktu melihat hijaunya pepohonan sebelum ke kantor. Dengarkan musik favorite-mu di pagi hari sambil mengecap minuman hangat yang Anda sukai akan sangat membantu membuat perasaanmu menjadi lebih bersemangat. Anda juga dapat mandi air hangat dengan aromatherapy yang menyegarkan sehingga membuat kulit tubuhmu terasa lebih fresh. So pastikan kelima panca indera Anda mendapat stimulus yang menyenangkan, sehingga dengan seketika pikiran dan perasaan Anda pun akan lebih fresh.

5. Kerjakan Hal yang Paling Menyenangkan

Di langkah yang ketiga, ketika Anda sudah mengatur agenda hari Seninmu dengan seksama, Anda dapat mengalokasikan hal yang paling menyenangkan untuk dapat dilakukan di hari Seninmu. Pastikan hal yang menyenangkan ini berkaitan dengan pekerjaan Anda.

Misalnya dari sekian banyak tugas tanggung jawab yang ada, Anda suka ketika meeting dengan vendor baru yang memberimu banyak ide. Nah agendakanlah hal ini di hari Senin. Pastikan juga karena Anda sudah mengatur agenda dengan seksama, sehingga aktivitas yang menyenangkan ini tidak akan mengganggu agenda-agenda yang lainnya.

Ternyata tidak sulit ya membuat hari Senin Anda menjadi menyenangkan dan bersemangat. Pastikan ‘I hate Monday‘ tidak ada lagi dalam bahasa sehari-harimu, dan bersiaplah melangkah pasti di setiap hari Senin Anda!