Tak bisa dipungkiri saat ini generasi Milenial merupakan angkatan kerja yang mulai mendominasi dunia kerja. Memang generasi sebelumnya yaitu Gen X cukup masih mendominasi, namun generasi Milenial di Indonesia saat ini bagaikan air yang terus emngalir dan semakin terus bertambah jumlahnya.

Berdasarkan data dari Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) 2019 mencatat total pekerja di Indonesia paling banyak adalah generasi X dengan jumlah 59 juta pekerja. Sementara pekerja Milenial berjumlah 48 juta, dimana jumlahnya akan semakin banyak di tahun-tahun mendatang hingga akan mendominasi angktan kerja Indoensia dan menggeser generasi sebelumnya.

Hmm.. membicarakan Milenial memang sangat menarik. Generasi yang dilahirkan dari tahun awal 1980 hingga 1995 ini, sering dianggap memiliki pola pikir dan perilaku yang berbeda serta keunikan tersendiri dibanding dengan generasi sebelumnya.

Kuy..bagi Anda yang dipercaya memimpin tim kerja Milenial ataupun memiliki kolega kerja Milenial. simak karakteristik generasi Milenial yang wajib Anda ketahui berikut ini:

1. HAUS AKAN PENGEMBANGAN DIRI

Berdasarkan pengalaman Next Leader Consulting dalam memfasilitasi pelatihan dan memberikan coaching pada generasi Millenial, Milenial menganggap pengembangan diri secara personal dan profesional merupakan hal yang sangat penting dalam pekerjaan.

Mereka senang sekali jika diberik kesempatan pengambangan diri dalam projek menantang, ataupun program pelatihan dan coaching yang mebuatnya dapat makin berkembang. Gen Y demikian panggilan lain dari Milenial ini juga menyukai hal-hal baru, akan senang ketika diberi tugas baru. Tetapi para pemimpin juga perlu mengetahui terkadang mereka menjadi kurang dapat fokus untuk mendalami semuanya itu, sehingga perlu sekali bimbingan lebih lanjut.

2. MENDAMBAKAN WAKTU KERJA YANG SEIMBANG

Karakeristik kedua yang menjadi khas generasi Milenial adalah mereka lebih memprioritaskan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi dibandingkan generasi sebelumnya. Orientasi keseimbangan waktu kerja dan pribadi yang harus seimbang ini membuat Milenial cenderung memilih pekerjaan yang lebih fleksibel secara jam kerja. Karena bagi mereka memiliki waktu luang bersama teman, keluarga, atau untuk me time merupakan juga hal yang penting di samping pekerjaan.

Work-life balance ini sangat penting bagi generasi millenial sebagaimana dikemukakan dalam studi lapangan Ng Schweitzer dan Lyons (2010). Riset tersebut menemukan bahwa millenial menekankan individualisme, mencari kemajuan karir dan pengembangan keterampilan, serta memastikan kehidupan yang bermakna dan memuaskan di luar pekerjaan

3. ORIENTASI PADA HASIL YANG TINGGI

Sebuah hasil studi Internasional dari Canadian Center of Science and Education, dinyatakan “Generasi Milenial sangat menguasai teknologi dan dapat mengakses informasi dari berbagai sumber. Sehingga,  mereka bisa belajar dengan cepat dan akses mereka terhadap dunia luar membuat mereka berlomba-lomba dalam memperbanyak prestasi.”

Yes, perlu diakui Milenial memiliki energi yang besar dan passion yang kuat terutama dalam mengejar hasil ataupun goal yang menjadi cita-cita ataupun hasrat pribadinya. Ditambah lagi faktor pendidikan bagi sebagian besar Milenial yang dibesarkan di era jaman yang lebih mapan membuat rasa percaya diri mereka pun sangat baik. Hal ini membuat Milenial memiliki semangat yang tinggi untuk mengejar hasil dan suatu pencapaian. Belum lagi ditambah kepiawaian mereka menggunakan teknologi dan mengakses informasi digital membuatnya semakin memiliki modal dalam mengejar hasil. Tetapi hasrat tinggi akan hasil membuat di sisi lain mereka terkadang kurang dapat berhubungan proses yang terlalu panjang ataupun lama. Bagi Anda para pemimpin tim Milenial, Anda perlu mengantisipasi agar tim Milenial Anda dapat tetap konsisten terhadap proses yang Anda dan mengikutinya dengan benar.

Dari ketiga karakteristik Milenaial yang telah kita bahas ini, yang sangat menarik dari generasi Milenial ini adalah kehadiran mereka di jaman now telah mendorong para pemimpin dan pengembang Sumber Daya Manusia untuk terus berbenah dan melakukan perbaikan sehingga dapat membuat Milenial dengan segala keunikan karakternya ini dapat betah bekerja dan memaksimalkan potensi mereka. Setelah mengetahui keunikan karakteristik mereka, tentunya kita perlu tahu bagaimana mengembangkan mereka dengan melakukan pendekatan yang efektif. Sebagai partner dalam Equipping Future Leaders in Millennial Era, NEXT LEADER CONSULTING hadir untuk membekali setiap pemimpin untuk memiliki mind-set, skill-set dan tool-set dalam melakukan strategi pengembangan yang efektif dan benar-benar mengena pada Milenial di tempat kerja Anda.