Dewasa ini para petinggi di organisasi banyak diduduki oleh angkatan kerja Generasi X. Angkatan kerja yang lahir dari tahun 1965 hingga 1980 ini merupakan profesional yang mandiri, menekankan produktivitas dalam bekerja dan menyukai pekerjaan yang terstruktur. Menariknya sebagai atasan mereka adalah para senior yang menyukai pendekatan informal dan menginginkan work-life balance.

Rata-rata para petinggi Gen X ini punya tim kerja yang dewasa ini didominasi oleh Milenial. Tidak sedikit juga Gen X yang sama dengannya hingga para pendatang baru yang memasuki dunia kerja yaitu Gen Z atau yang kerap disebut Zoomer. Kuy simak pengalaman Next Leader Consulting yang telah diintisarikan untuk Anda para Milenial dan Zoomer bagaimana berkomunikasi efektif dengan atasan dan senior Gen X Anda:

1. TUNJUKKAN ANDA BISA DIPERCAYA MENYELESAIKAN TUGAS

Gen X yang punya karakteristik mandiri dalam bekerja, cenderung merasa generasi di bawahnya adalah generasi yang kurang bertanggung jawab. Apalagi karakteristik mudah bosan, kurang konsisten hingga bekerja tergantung mood yang seringkali dilekatkan pada Milenial dan Zoomer, membuatnya kurang dapat mempercayai generasi yang di bawahnya. Ada kecenderungan pula Gen X lebih suka mempercayakannya pada sesama rekan atau anak buahnya yang juga Gen X.

Nah buat Anda para Milenial dan Zoomer, Anda perlu tunjukkan ketika berkomunikasi dengannya bahwa Anda bisa dipercaya untuk bekerja secara otonom hingga selesai. Komunikasikan hal-hal apa saja yang Anda akan lakukan untuk menyelesaikannya. Berikan juga update tiap kali ada kemajuan yang Anda lakukan. Atasan Gen X menghargai produktivitas seseorang ketimbang lamanya jam kerja akan senang ketika Anda menunjukkan kemajuan diri Anda. Komunikasikan juga dengan pendekatan kekeluargaan sehingga suasana lebih cair.

2. UTARAKAN PENDAPAT DENGAN TERSTRUKTUR

Ketika Anda dimintai pendapat atau berinisiatif untuk berpendapat di depan atasan Gen X, pastikan Anda mengutarakan ide-ide Anda dengan terstruktur. Hindari memberikan semua ide yang menurut Anda baik tanpa urutan yang jelas, atau ide-ide liar yang menurut Anda akan memprovokasi kreativitas.

Sebaiknya jika Anda punya ide-ide baru yang kreatif pastikan ini telah Anda filter terlebih dahulu sehingga ide-ide baru ini tersajikan dengan cukup sistematis. Seorang atasan atau senior Gen X yang mendengarkan pendapat yang terstruktur akan lebih menyukainya dan merasa Anda seorang yang telah menyiapkan dengan baik opini Anda. Pendapat Anda juga akan dirasa lebih berbobot dan bahkan bisa membuat atasan Gen X memuji pendapat Anda!

3. TUNJUKKAN SIKAP ANDA MENGHARGAINYA

Walau bukan generasi yang kaku dengan pendekatan yang serba formal seperti generasi Baby Boomers, tetapi Gen X merupakan para profesional yang sangat baik dalam beradaptasi dengan figur otoritas. Bagi mereka sikap hormat pada generasi diatasnya adalah hal penting. Mereka menunjukkan sikap hormat dan bersedia menyesuaikan diri dengan para Boomers.

Nah bagi Anda anak buah Gen X, ketika Anda berkomunikasi hingga terlibat dalam diskusi intens dengannya, tunjukkanlah sikap menghargai padanya. Gunakan bahasa verbal dan non verbal (sikap tubuh) Anda yang sopan dan profesional. Hargailah pengalaman kerja, cara pandang dan ketrampilan yang dimiliki Gen X yang lebih banyak dari Anda melalui kata-kata apresiasi dan sikap menghargai. Tapi ingat, jangan tunjukkan penghargaan dengan kaku ataupun secara berlebihan. Pada dasarnya Gen X merupakan profesional yang menyukai pendekatan informal. Karenanya tidak usah ragu ungkapkan penghargaan Anda secara kekeluargaan dan pastinya dengan tulus ya!

Mudah kan menjalin komunikasi efektif dengan atasan dan senior Gen X. Pastikan Anda juga mengenali karakteristik Gen X dengan baik. Next Leader Consulting yang merupakan partner yang telah berpengalaman mendampingi organisasi dalam mengatasi gap angkatan kerja siap membantu Anda agar semakin terjalin komunikasi yang terbuka dan saling percaya dengan atasan Gen X Anda. Silahkan dapat menghubungi team kami di WA 0815 10 555 064 atau admin@nextleader.id. Kuy semakin kembangkan diri menjadi komunikator yang disukai oleh atasan Gen X Anda!