Beberapa dari dari kita mungkin sudah cukup familiar dengan Industri 4.0, Yes! era digital saat ini memang kerap disebut Industri 4.0 dan sedang ada di depan mata kita, sedang kita alami. Bagi Anda yang angkatan Milenial dan Gen Z, tentunya sedari dini Anda adalah penikmat digital. Tepatnya apa saja sih yang berubah di era industri 4.0 ini? Nah untuk menjawabnya, ada baiknya kita cermati dulu perubahan-perubahan yang terjadi dari era industri 1.0 hingga 4.0 saat ini.

1. Industri 1.0 dimulai sejak tahun 1700an hingga 1800an. Yang cikal bakalnya diawali di Inggris Raya yaitu ketika ditemukannya mesin sebagai pengganti tenaga manusia, Salah satu penemuan bersejarah yang telah menggantikan tenaga mausia dengan tenaga mesin adalah dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt.

2. Selanjutnya era Industri 2.0 berlangsung dari tahun 1840 hingga tahun 1870, yaitu dengan berubahnya industri yang digerakkan mesin menjadi industri yang lebih bersifat produksi masal dan terjadinya perubahan fenomenal yang mengubah dunia yaitu dengan ditemukannya bohlam lampu yang berkembang menjadi listrik.

3. Industri 3.0 dimulai di era tahun 1970-an yaitu dengan ditemukannya PLC (Programmable Logic Controller), sehingga mesin produksi dapat berjalan sendiri atau bersifat automation. Era industri 3.0 juga ditandai dengan kemunculan komputer, internet, musik digital, kamera digital dan produk-produk yang bersifat automation lainnya.

4. Era Industri 4.0 terjadi dari awal 2018 hingga saat ini, yaitu era yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi Cyber. Merupakan industri yang mulai menyentuh dunia virtual, konektivitas manusia, mesin dan data, yang kerap dikenal dengan nama Internet of Things/ IOT. Industri 4.0 juga ditandai oleh ditemukannya Artificial Intelligence/ robot pintar.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio L melalui telekonferensi, menyatakan “Hasil riset McKinsey & Company menyatakan hingga kurun waktu 10 tahun ke depan, yaitu hingga tahun 2030 Indonesia akan kehilangan 23 juta pekerjaan. Hal ini terjadi karena adanya revolusi industri 4.0” – dikutip dari Detik.com 29 April 2020.

So, pertanyaannya apa saja pekerjaan yang akan tergerus hingga akhirnya hilang karena era industri 4.0 ini? Berikut 10 daftar pekerjaan yang akan hilang:

  1. Pengantar surat
  2. Loan officer
  3. Kasir
  4. Travel agent
  5. Bank Teller
  6. Telemarketing
  7. Clerk / juru tulis
  8. Administrasi / sekretaris
  9. Pekerja door to door
  10. Broker

Tetapi kabar gembiranya era digital 4.0 juga memberi peluang terbukanya peluang pekerjan baru. Seperti yang dilansir WEF 2018 (World Economic Forum), sejumlah tren pekerjaan baru yang akan muncul di era Industri 4.0 yaitu:

  1. Big Data Specialist
  2. AI (Artificial Intelligence) & Machine Specialist
  3. General & Operation Manager
  4. Sales & Marketing Professionals
  5. Organization Development (OD) Specialists
  6. People & Culture Specialist
  7. Training & Development Specialist
  8. IT Services
  9. Digital Marketing & Strategy Specialist
  10. Service & Solutions Designers

Sementara World Economics Forum juga menyatakan ada pekerjaan yang cenderung akan stabil di era industri 4.0 ini, yaitu mereka-meraka yang berperan sebagai berikut:

  1. Human Resources
  2. Penasehat keuangan dan investasu
  3. Supply Chain & Logistic
  4. Risk Management
  5. Guru
  6. Insinyur energy & petroleum
  7. Chemical Processing Plant
  8. Petroleum & Natural Gas Refining Plant operator
  9. Sales representative & manufacturing
  10. Ilmuwan & peneliti

Mencermati data dan fakta terkait industri 4.0 diatas janganlah membuat kita menjadi panik, namun kita perlu waspada dan terus meng-upgrade diri. Kalau pekerjaan Anda saat ini tergolong yang akan hilang, alangkah baiknya Anda segera mempelajari ketrampilan-ketrampilan baru yang dapat menunjang Anda ke peran yang baru. Anda bisa mulai dengan peran yang terdekat dengan pekerjaanAnda sekarang. Misalkan sebagai seorang teller bank, Anda perlu upgrade diri juga agar mengetahui cara-cara menjadi seorang customer service online atau digital, dapat juga meningkatkan diri sebagai eeorang sales atau marketing.

Jika pekerjaan Anda masuk dalam daftar yang terus akan berkembang, janganlah juga Anda menjadi terlena. Karena apa yang akan terjadi di depan adalah akan semakin banyak orang yang berlomba-lomba melamar di bidang tersebut, sehingga persaingan semakin ketat. ySelamat terus mengupgarde diri dan terus melejit di tengah industri 4.0

2.