John C Maxwell, pakar kepemimpinan yang juga sekaligus penulis banyak buku kepemimpinan, dalam salah satu tulisannya menjelaskan 4 peran penting seorang pemimpin untuk kesuksesan tim kerja yang dipimpinnya. Keempat peran ini menariknya digambarkan dalam 4 profesi yang begitu dekat dengan setiap kita, yaitu 

1. Tuan Rumah.

Seorang tuan rumah yang baik adalah orang yang mengambil inisiatif dan bisa membuat orang lain merasa nyaman. Ia akan melakukan apa saja agar tamu yang bertandang betah dan ingin berkunjung lagi ke rumahnya. Tentunya sebagai pemimpin, kita perlu belajar menjadi sperti tuan rumah yang baik dalam hubungan dengan orang lain. Coba periksa apakah keberasaan Anda membuat tamu yang dalam hal ini adalah anak buah, rekan kerja, pelanggan atau siapa pun juga merasa senang di dekat kita?

2. Dokter

Dokter yang dipercaya dan dikenal bertangan dingin pasti suka bertanya. Ia juga selalu memeriksa untuk melihat kebutuhan pasiennya. Sebagai pemimpin, apakah kita tahu kebutuhan anak buah kita? Tahukah kita akan ‘penyakit’ dan kondisi yang dihadapi organisasi kita? Caranya ialah bertanya dahulu agar kita sebagai pemimpin dapat benar-benar tahu permasalahan dan kebutuhan anak buah. Dan janganlah sekali-kali memberikan resep sebelum melakukan diagnosis menyeluruh. Saat tim kerja, bagian yang Anda pimpin hingga perusahaan terlihat kurang sehat, tugas pemimpin adalah melakukan pendekatan yang baik untuk mencaritahunya, sehingga orang-orang di sekitar Anda dapat terbuka dan sama-sama mencari solusi.

3. Konselor

Seorang yang berprofesi sebagai konselor ialah seorang yang aktif hadir sebagai pendengar dan bisa menerjemahkan apa yang mereka dengar. Tidak hanya mendengar tapi juga memfasilitasi solusi. Bagi kebanyakan pemimpin menjadi pendengar masih merupakan sebuah PR tersendiri. Mereka lebih suka berbicara, seperti memberi instruksi dan perintah. Kunci untuk menjadi pendengar yang efektif adalah dengan menempatkan lawan bicara dalam hal ini anak buah atau rekan kerja Anda di posisi yang penting. Sebegitu pentingnya hingga jika tidak mendengarnya dari mereka, maka Anda merasa ada hal yang kurang. Selanjutnya pemimpin yang hadir sebagai konselor juga perlu mengembangkan empati yaitu memposisikan dirinya dalam keadaan yang dihadapi anak buah.

4. Pemandu Wisata

Peran yang keempat ini, mungkin bagi beberapa orang terdengar aneh. Ya, seorang pemimpin yang efektif juga dituntut untuk dapat berperan layaknya seorang pemandu wisata. Seorang pemandu atau guide tentu tidak hanya menemani, tetapi juga daat membawa rombongan tournya sampai dengan selamat ke tujuan. Percuma jika tim kita harmonis dan semua anggota merasa nyaman tapi tujuan tidak tercapai. Demikian juga sebaliknya tiap orang yang kita pimpin ingin bisa mencapai tujuannya beserta dengan cara yang menyenangkan layaknya seorang sedang pergi berwisata. Disinilah tugas pemimpin memadukan keduanya, memandu menuju tujuan dengan pendekatan yang bisa diterima setiap orang sehingga mereka melakukannya dengan senang hati, motivasi penuh dan keterlibatan yang maksimal.

Standar terbaik untuk mengukur keberhasilan seorang pemimpin adalah dengan menghitung jumlah orang yang telah dibuatnya bahagia. Jadilah pemimpin yang memaksimalkan 4 Peran Penting ini, yang dapat membuat orang lain nayaman, yang peka, dapat menjadi pendengar yang baik dan tentu saja dapat membantu setiap orang yang dipimpinnya meraih tujuan.