Baru-baru ini saya mendengar curhat salah satu peserta yang pernah mengikuti pelatihan saya, yang terkena PHK akibat efisiensi dari pandemi saat ini. Di sela-sela curhatnya ia pun menyatakan alasan atasannya memberhentikannya dikarenakan perusahaan baru saja menginvestasikan sistem digital yang akan menggantikan peran pekerjaannya yang notabene berkaitan dengan support dan administrasi. Hmm..itulah kenyataan cukup pahit yang ada di era digital alias era industri 4.0 yang sedang ada di depan mata kita. So bagaimana menyikapinya bagi kita para profesional ataupun Anda yang memiliki usaha agar dapat bertahan dan bahkan sukses di era industri 4.0 dan di tengah pandemi ini ?

Ibarat seorang tamu yang tidak diundang dan tiba-tiba datang. Era industri 4.0 ini seakan memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman. Sebenarnya kita tidaklah perlu langsung harus berputar haluan dari pekerjaan kita saat ini. Namun bagi Anda para profesional dan pengusaha Anda hanya perlu secara disiplin mengembangkan 3 ketrampilan sederhana yang sangat penting berikut ini:

1. Ketrampilan Menggunakan Media Sosial.

Hmm..bagi sebagian besar dari kita rasanya media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari bahkan membuat kita kecanduan. Namun ketrampilan disini adalah apakah Anda sudah memanfaatkan dunia digital untuk memiliki jaringan yang lebih luas? Sehingga dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk ataupun mencari klien. Dengan begitu perusahaan akan semakin berkembang, atasan Anda pun akan mengapresiasi Anda karena pemasaran ataupun brand dari perusahaan Anda yang dapat berkembang lebih luas karena kemampuan media sosial Anda. Dan Ssst..!! ini juga dapat menjadi ajang Anda mendapat promosi ataupun peluang pekerjaan baru yang berkaitan dengan digital ataupun layanan online yang sedang trend saat ini.

2. Ketrampilan SEO (Search Engine Optimization)

Mungkin Anda berkata “Wah saya bukan orang IT“. Yes…!! di era industri 4.0 ini, kemampuan SEO merupaka hal wajib yang sedikit banyak perlu Anda ketahui untuk menunjang pekerjaan Anda. Ketrampilan SEO merupakan ketrampilan penting bagi apapun peran pekerjaan Anda. Kenapa demikian? Pada dasarnya SEO merupakan cara mendapatkan kunjungan (trafik) besar yang berasal dari mesin pencarian. Bagi Anda para profesional manfaatkanlah SEO ini untuk membranding diri Anda, termasuk juga membranding Departemen tempat Anda bekerja hingga perusahaan Anda. Sehingga kalaupun Anda terkena efisiensi di era digital ini, ketrampilan SEO ini akan sangat membantu Anda untuk kembali mendapatkan pekerjaan. Dan tentunya bagi Anda para pemilik bisnis, SEO merupakan skill wajib untuk membuat produk Anda bisa melejit di tengah para kompetitor Anda.

3. Ketrampilan Bahasa Pemrograman

Kembali lagi ketrampilan digital menjadi hal wajib yang perlu kita kuasai di era industri 4.0 ini. Tahun-tahun ke depan, banyak peran di pekerjaan yang akan diambil alih oleh Artificial Intelligence ataupun oleh otomisasi digital dan cyber. Tentunya agar Anda dapat tidak tertinggal dan bisa menjadi bagian di dalamnya, Anda perlu membekali diri Anda dengan kemampuan pemrograman bahasa ini. Belajar bahasa pemrograman atau coding ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Meskipun hanya sebatas dasar-dasar, namun keterampilan ini sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan Anda nantinya. Tentu saja, Anda tidak harus belajar semua bahasa pemrograman. DanAnda juga bisa memulainya dengan mengambil kursus, atau belajar dari internet atau membeli buku tentang coding.

Itulah 3 ketrampilan wajib yang sedari sekarang perlu Anda kuasai di era industri 4.0. Next Leader Consulting sebagai partner dalam mengembangkan kinerja yang telah dipercaya di berbagai organisasi juga siap mendampingi Anda sebagai partner dalam pembelajaran digital yang interaktif dan atraktif, melalui program Gamification Learning. Pastikan di era insutri 4.0 yang serba digital ini Anda terus meningkatkan diri dan siap bersaing di kancah digital!